This is the default dialog which is useful for displaying information. The dialog window can be moved, resized and closed with the 'x' icon.

Cemaran Mikroplastik; Potret Susahnya Mengubah Kebiasaan Manusia

Penulis: MARCKO FERDIAN NANARIAIN - Jumat, 18 Juni 2021 | 11:04 WIB

Penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari semacam menjadi kebutuhan, dimana-mana belanjaannya pasti menggunakan plastik sebagai wadah sementara. Jika selesai masa pakai, tinggal dibuang di tempat sampah.

Secara global diperkirakan terdapat 80 % limbah plastik berasal dari darat, dan 20 persen sisanya dari laut (Plastic waste in the marine environment, 2016).

Jumlah plastik meningkat karena murah, ringan, serbaguna dan dapat dipakai dalam waktu yang lama. Dalam sektor pertanian plastik digunakan sebagai wadah media tanam yang dikenal dengan polybag, juga sebagai sarana mulsa dalam proses budidaya tanaman. Seiring berjalan waktu, plastik-plastik ini akan terbuang begitu saja dan mempengaruhi lingkungan.

SELENGKAPNYA

Artikel di atas sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis seperti tertera dan tidak menjadi bagian tanggungjawab dari redaksi sariagri.id. Baca term and condition