This is the default dialog which is useful for displaying information. The dialog window can be moved, resized and closed with the 'x' icon.

Pemerintah Inggris dan BRI Research Institute Mendorong Inklusi Digital bagi Perempuan Pengusaha Kecil dan Menengah melalui Webinar Nasional

Penulis: syamsuddin - Kamis, 16 November 2023 | 11:41 WIB

Program Akses Digital Pemerintah Inggris bersama dengan BRI Research Institute mengadakan webinar nasional pada tanggal 14 November 2023, dengan fokus pada tema "Mendorong Inklusi Digital dan Peran Perempuan Pengusaha dalam Ekonomi Digital." Webinar ini mempublikasikan hasil penelitian mengenai indeks digitalisasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Pada acara ini juga diumumkan dua provinsi yang akan mendapatkan program pemberdayaan khusus untuk pengusaha perempuan berupa pelatihan dalam bidang literasi digital dan keuangan. Adapun dua provinsi tersebut adalah Lampung dan Jawa Barat.

Webinar nasional ini dilaksanakan baik secara tatap muka di Hotel Ashley Tanah Abang maupun secara daring. Acara ini dihadiri Wakil Duta Besar Kedutaan Inggris, Matthew Downing, Perwailan Kementerian Koperasi dan UKM, Perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari serta Direktur Utama BRI Research Institute, Anton Hendranata. Acara ini juga mengundang organisasi masyarakat sipil, akademisi, dan lembaga lain yang fokus pada pengembangan UKM dan ekonomi digital.

Penelitian mengenai indeks digitalisasi UKM telah dilakukan pada bulan Oktober 2023 melalui survei daring kepada 3500 responden. Penelitian ini dirancang untuk mengukur tingkat digitalisasi UMKM dengan menggunakan tujuh indikator seperti Infrastruktur Digital, Kepemilikan Alat, Pengetahuan Digital, Pemanfaatan Layanan Digital, Kepercayaan terhadap Layanan Digital, Kesesuaian Antara Kebutuhan dengan Isi Layanan Digital, dan Kepuasan serta Pemahaman terhadap Regulasi. Hasil penelitian ini adalah dasar bagi program pemberdayaan percepatan digital, khususnya bagi perempuan pengusaha dalam segmen ultra-mikro dan mikro.

SELENGKAPNYA

Artikel di atas sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis seperti tertera dan tidak menjadi bagian tanggungjawab dari redaksi sariagri.id. Baca term and condition