This is the default dialog which is useful for displaying information. The dialog window can be moved, resized and closed with the 'x' icon.

Belalang Kembara dalam Masyarakat Tradisonal Sumba Timur

Penulis: Niky Elfa Amanatillah - Rabu, 8 Juni 2022 | 13:54 WIB

 

Sumba merupakan pulau yang kaya akan keindahan alam dan budaya yang masih terjaga. Kekayaan alam yang dimiliki pulau ini menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikan pulau ini menjadi tujuan wisata yang hingga kini semakin naik daun. Namun, hal yang jarang menjadi perhatian publik adalah ledakan (outbreak) belalang kembara yang telah terjadi di Sumba dalam beberapa tahun terakhir. Belalang kembara yang merupakan salah satu hama tanaman pangan, selalu dan akan selalu menjadi fokus para ahli dan orang-orang yang berkutat di bidang pertanian saat populasinya meledak. Daya rusak yang luar biasa dari hama ini saat populasinya tinggi mengkhawatirkan petani dan pemerintah karena dapat menyebabkan gagal panen dalam waktu yang teramat singkat. Terutama setelah adanya pengembangan food estate, belalang kembara merupakan hama yang diwaspadai kehadirannya secara nasional. Selain menjadi ancaman di bidang pertanian, ledakan populasi belalang kembara juga mengganggu kenyamanan masyarakat karena dapat masuk ke rumah-rumah penduduk bahkan mengganggu jadwal penerbangan, seperti yang sudah terjadi di Bandara Umbu Mehang Kunda, Waingapu tahun 2017.

 

SELENGKAPNYA

Artikel di atas sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis seperti tertera dan tidak menjadi bagian tanggungjawab dari redaksi sariagri.id. Baca term and condition