This is the default dialog which is useful for displaying information. The dialog window can be moved, resized and closed with the 'x' icon.

Bauran Kebijakan untuk Akselerasi Pemulihan Ekonomi yang Inklusif

Penulis: Henry Nosih Saturwa - Analis Senior-Departemen Komunikasi Bank Indonesia - Kamis, 12 Mei 2022 | 05:41 WIB

Untuk menjadi Bank Sentral yang relevan di masa depan diperlukan pembelajaran terhadap sejarah Bank Sentral beserta strategi kebijakan makroekonominya sebagai bekal untuk menghadapi tantangan ke depan yang semakin komplek dan penuh ketidakpastian. Lingkungan strategis berubah sangat cepat, hyperconnected dan tantangan bersifat turbulence, uncertainty, novelty and ambiguity (TUNA) membutuhkan strategi kebijakan yang terintegrasi melalui koordinasi yang kuat.

Pengalaman krisis memberikan pelajaran bahwa Bank Sentral perlu memperkuat konstruksi kelembagaan dan strategi kebijakan melalui penguatan kelembagaan yang inklusif untuk menjaga kredibilitas kebijakan. Sedangkan di era transformasi digital diperlukan penciptaan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru melalui pemberdayaan ekonomi berbasis inovasi untuk mendorong sustainability ekonomi dengan strategi mengatur inovasi.

Bauran kebijakan Bank Sentral yang terdiri dari kebijakan moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran perlu diimplementasikan secara sinergis bersama kebijakan fiskal dan kebijakan reformasi struktural dalam rangka menjaga stabilitas dan mendorong momentum pertumbuhan ekonomi nasional di tengah masih berlangsungnya pandemi Covid-19 ditingkat global dan domestik.

SELENGKAPNYA

Artikel di atas sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis seperti tertera dan tidak menjadi bagian tanggungjawab dari redaksi sariagri.id. Baca term and condition