This is the default dialog which is useful for displaying information. The dialog window can be moved, resized and closed with the 'x' icon.

Indonesia Darurat Mental Bantuan Sosial

Penulis: Stopia Wanita - Pendamping PKH Kementerian Sosial - Selasa, 10 Mei 2022 | 03:57 WIB

Kemiskinan merupakan suatu keadaan yang menyangkut ketidakmampuan dalam memenuhi tuntutan kehidupan yang paling minimum yaitu papan, pangan dan sandang. Masalah kemiskinan ini sangatlah kompleks dan bersifat multidimensional, dimana berkaitan dengan aspek sosial, ekonomi, budaya, dan aspek lainnya(Gaghana et al., 2018).

Banyaknya aspek yang terlibat dalam kemiskinan yang saling terkait satu sama lain dan saling mengunci menyebabkan mata rantai kemiskinan sulit diputus atau berlangsung turun temurun dalam satu keluarga. Salah satu solusi pemerintah dalam mengatasi kemiskinan adalah dengan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang dianggap ” Layak ” sebagai penerima bantuan sosial.

Bantuan sosial di Indonesia sangatlah beragam mulai dari bantuan sosial PKH, BPNT, BPNT Perluasan, BPNT-D, BST, BSU, BLTUMKM/BPUM, bantuan kuota Internet dan masih banyak lainnya.  Sedangkan  bantuan yang ter ”gress” saat ini adalah BLT minyak goreng untuk mengatasi mahalnya minyak goreng di tengah masyarakat. Suatu pertanyaan besar yang muncul adalah apakah semua bantuan tersebut benar benar bisa mengatasi permasalahan kemiskinan atau meningkatkan kesejahteraan atau hanya bersifat sementara seperti kembang api yang indah sesaat, atau bahkan memberikan efek yang lebih buruk lagi bagi penerima bantuan sosial /masyarakat ?

SELENGKAPNYA

Artikel di atas sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis seperti tertera dan tidak menjadi bagian tanggungjawab dari redaksi sariagri.id. Baca term and condition